PERSEMBAHAN
Karya Tulis ini disusun oleh penulis untuk dipersembahkan kepada :
1. Bapak Drs. Tumarja selaku kepala sekolah SMA Negeri 2 Cilacap.
2. Ibu Suparyati S.Pd selaku guru mata pelajaran bahasa Indonesia yang membimbing penulis dalam menyusun dan menyelesaikan karya tulis ini.
3. Orang tua penulis yang mendukung dan membantu dalam pelancaran pembuatan karya tulis ini.
4. teman-teman dan semua pihak yang membantu penulis dalam kelancaran pembuatan karya tulis ini.
iii
HALAMAN PENGESAHAN
Karya Tulis ini disahkan oleh guru mata pelajaran bahasa Indonesia sekaligus guru pembimbing pada :
Hari :
Tanggal :
Suparyati, S.Pd
ii
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan karuniaNya, sehingga penulis dapat menyusun dan menyelesaikan karya tulis ini sesuai dengan apa yang ditugaskan.
Atas terselesaikan pembuatan karya tulis ini kami ingin mengucapkan terimakasih kepada :
1. Bapak Drs. Tumarja selaku kepala sekolah SMA Negeri 2 Cilacap.
2. Ibu Suparyati S.Pd selaku guru mata pelajaran Bahasa Indonesia.
3. Semua pihak yang telah membantu kelancaran dalam pembuatan karya tulis ini.
Penulis menyadari bahwa karya tulis ini masih jauh darai sempurna. Oleh karena itu, penulis menerima kritik dan saran yang sifatnya membangun demi penyempurnaan karyatulis ini dari berbagai pihak dan penulis juga berharap semoga karya tulis ini akan bermanfaat bagi kita semua
Penulis
v
DAFTAR ISI
Halaman Judul........................................................................................................... i
Halaman Pengesahan................................................................................................. ii
Persembahan.............................................................................................................. iii
Motto......................................................................................................................... iv
Kata Pengantar........................................................................................................... v
Daftar isi.................................................................................................................... vi
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar belakang Masalah............................................................... 1
B. Rumusan Masalah........................................................................ 1
C. Tujuan Penelitian.......................................................................... 1
D. Manfaat Penelitian....................................................................... 1
BAB II KAJIAN TEORI
A. Pengertian Facebook.................................................................... 2
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
A. Waktu Penelitian.......................................................................... 4
B. Instrumen Penelitian.................................................................... 4
C. Tekhnik Pengumpulan Data......................................................... 4
D. Tekhnik Analisis Data.................................................................. 4
BAB IV PEMBAHASAN
A. Dampak Positif dan Negatif Facebook........................................ 5
B. Kasus Penyalahgunaan Facebook................................................ 5
C. Upaya Mengatasi Masalah Facebook........................................... 5
BAB V PENUTUP
A. Kesimpulan.................................................................................. 7
B. Saran............................................................................................ 7
DAFTAR PUSTKA.................................................................................................. 8
vi
MOTTO
- Masukan mempengaruhi pandangan, pandangan mempengaruhi hasil, dan hasil mempengaruhi akibat.
- Kita tidak bisa menjadi bijaksana dengan kebijaksanaan orang lain, tapi kita bisa berpengetahuan dengan pengetahuan orang lain.
iv
DAMPAK FACEBOOK BESERTA KASUSNYA PADA REMAJA
Karya Tulis ini Disusun Dalam Rangka Memenuhi Salah Satu Tugas Bahasa Indonesia Tahun ajaran 2009 / 2010
Disusun oleh :
Alan Setyadi(02)
Doni Nur Hidayat(12)
Puput Terina W.(25)
Sahid Riza(28)
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 2 CILACAP
TAHUN PELAJARAN 2009/2010
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Persoalan mengenai dampak penggunaan facebook bagi siswa kelas XI SMA makin menjadi jadi. Kita sendiri mengetahui bahwa facebook juga menjadi faktor utama yang mengakibatkan bermacam macam persoalan. Dampak dampak yang ditimbulkan berupa dampak positif dan dampak negatif serta banyaknya kasus penyalahgunaan facebook. Sepertipenelitian yang telah kami lakukanselama beberapa minggu kepada siwa sma di daerah Cilacap dan berdasarkan berita berita terkini.
Dengan penelitian yang kami lakukan ini, kami telah mendapatkan hasil yang dapat dipertanggung jawabkan. Disamping itu penelitian ini kami harapkan dapat bermanfaat bagi semua kalangan tidak hanya siswa sma saja dan dapat dijadikan sebagai pelajaran yang baik.
B. Rumusan Masalah
1. Apa yang dimaksud dengan facebook ?
2. Dampak yang timbul dari penggunaan facebook ?
2. Dampak yang timbul dari penggunaan facebook ?
3. Apa saja kasus penyalahgunaan facebook ?
4. Apa saja upaya yang dapat dilakukan mengenai kasus Facebook ?
C. Tujuan Penelitian
1. Untuk mengetahui apa saja dampak positif dan dampak negatif dari facebook
2. Untuk mengetahui upaya-upaya menanggulangi masalah facebook tersebut
D. Manfaat
1. Melatih dan menambah wawasan dalam penulisan karya ilmiah.
2. Mengatasi lebih dalam tentang upaya dampak dampak penggunaan facebook.
3. Menambah bahan bacaan khususnya bagi penulis dan juga bagi pembaca.
4. Mengetahui cara komunikasi masyarakat modern.
1
BAB II
KAJIAN TEORI
A. Pengertian Facebook
Facebook atau disingkat FB adalah sebuah situs web jejaring sosial populer yang diluncurkan pada 4 Februari 2004. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang Mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School.
Pada awal masa berdirinya situs web jejaring sosial ini, keanggotaannya masih dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti: .edu, .ac, .uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs jejaring sosial ini.
Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan alamat surat-e apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah, tempat kerja, atau wilayah geografis.
Hingga Juli 2007, facebook memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi,dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serikat, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.
Fitur hiburan dalam Facebook disebut aplikasi. Contohnya antara lain permainan video, kuis, dan lain sebagainya.
2
Pengguna Facebook Di Indonesia
Meski Facebook telah lahir beberapa tahun sebelumnya namun penggunaan jejaring sosial di internet ini baru meningkat pesat di Indonesia pada tahun 2008 meninggalkan situs jejaring yang populer sebelumnya yaitu Friendster.com. Peningkatan pesat pengguna Facebook di Indonesia salah satunya dipicu mudahnya penggunaan akses Facebook menggunakan telepon selular. Terutama yang sudah meletakkan fitur Facebook sebagai fitur standar atau favorit dari beberapa merk telepon selular diantaranya peningkatan pesat penggunaan merk BlackBerry. Pada 2009 fitur Facebook bahkan menjadi nilai jual tersendiri bagi para produsen telepon selular yang menjual produknya di Indonesia . Pada perkembangannya para pengguna internet pemula mengakses Facebook lebih awal sebelum menggunakan fitur internet lainnya.
Statistik
- Pertumbuhan pengguna Facebook di Indonesia tahun 2008 adalah 645.000 menjadi 831.000 pengguna di akhir tahun, menjadi negara dengan tingkat pertumbuhan pengguna tertinggi di Asia
- September 2009 pengguna Facebook di Indonesia telah mencapai 8.520.160 dengan pengguna baru 8.23juta orang bergabung dalam 12 bulan terakhir
- Oktober 2009 pengguna Facebook di Indonesia mencapai 9.713.580 pengguna, negara ketiga tercepat tumbuhnya di Asia setelah Filipina dan Taiwan dalam sebulan terakhir
- November 2009 pengguna Facebook di Indonesia tumbuh pesat kembali dalam 1 bulan terakhir menjadi 12.189.100 pengguna dan tumbuh paling pesat se Asia dalam 1 bulan terakhir
- Desember 2009 pengguna Facebook di Indonesia masih paling tinggi mencapai 13.870.120 pengguna, tertinggi di Asia baik dalam jumlah maupun tingkat pertumbuhan
- Maret 2010 pengguna Facebook di Indonesia mencapai 19.094.640 pengguna, tetap tumbuh tinggi di dunia.
- April 2010 pengguna Facebook di Indonesia mencapai 21.027.660 tumbuh tertinggi kedua di Asia setelah Malaysia.
- Data per 15 April 2010 adalah 22.378.640 pengguna di Indonesia.
3
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
A. Waktu Penelitian
Dalam pembuatan karya tulis ini penulis membutuhkan wawancara dan juga buku-buku yang mendukung materi yang dibuat dalam karya tulis ini. Penulis membutuhkan waktu 17 April -10 Mei 2010.
B. Objek Penelitian
Sebuah objekyang berstuktur memerlukan adanya objek penelitian yang tepat. Yang menjadi objek penelitian dalam hal ini adalah siswa siswi SMA N 2 CILACAP.
C. Instrumen Penelitian
Instrumen/perlegkapan dalam sebuah penelitian mutlak harus ada kebenarannya. Adapun instrumen yang digunakan oleh penulis adalah :
1. Alat tulis
2. Buku tukis
3.Buku Panduan
D. Teknik Pengumpulan Data
Untuk memperoleh sejumlah data yang baik diperlukan teknik-teknik atau cara-cara pengumpulan data yang sesuai. Teknik-teknik yang dilakukan oleh penulis dalam pengumpulkan data adalah :
1. Dokumentasi ( dalam penelitian penulis mengambil dokumen dengan mencatat dokumen-dokumen atau tulisan yang sesuai dengan permasalahanyang di teliti )
2. Study pustaka ( teknik pengumpulan data dengan cara mengkaji buku-buku yang sesuai dengan judul dan informasi-informasi lain dari laporan penelitian, dokumen dan lain-lain.
E.Analisis Data
Dalam penelitian ada 2 jenis analisis data yaitu :
1. Analisis Kuantitatif adalah analisia yang bersifat deskripsi/verbal/kalimat analisis ini disebut analisis non stastik.
2. Analisis Kualitatif adalah analisis data menggunakan nominal/ angka-angka. Analisis ini disebut juga analisis statis/inferensial.
4
BAB IV
PEMBAHASAN
A. Dampak-dampak Facebook
Dampak Positif :
1. Memperluas Jaringan Pertemanan
Facebook dapat memperluas jaringan pertemanan karena facebook terhubung dalam jaringan internasional. Jadi facebook sangat praktis untuk digunakan sebagai media mencari teman tanpa harus mengunjungi suatu kota bahkan suatu Negara tertentu
2. Komunikasi Menjadi Lebih Mudah
Cukup dengan menulis pesan melalui dinding atupun chatting dan messages kita dapat menghubungi kerabat jauh yang berada jauh dari kita. Jadi komunikasi akan terasa lebih mudah
3. Media Informasi
Facebook dilengkapi dengan group / community yang bersangkutan dengan hoby, fashion, bahkan berita berita terkini. Jadi melalui facebook kita dapat mengetahui informasi terkini.
4. Sebagai Media Hiburan
Facebook menyediakan beberpa permainan yang dapat dijadikan sebagai media hiburan. Biasanya para penggemar game lebih tertarik untuk memainkan game-game dari facebook dari pada harus melakukan sosialisasi di facebook.
5. Sebagai Sarana Jual Beli
Facebook juga dapat digunakan sebagai sarana jual beli. Pada umumnya barang- barang yang ditawarkan berupa baju, sepatu, dan aksesoris.
Dampak Negatif :
1. Lupa Waktu
Terlalu sering online facebook dapat menyebabkan seseorang menjadi lupa waktu. Sehingga sering melupakan kegiatan- kegiatan yang lebih penting.
2. Masuknya Situs Porno
Facebook menjadi media untuk menyebarkan situs situs porno. Banyak video dan gambar tidak senonoh terpampang di account facebook tertentu.
3. Menghamburkan uang
Ketagihan facebook dapat menyebabkan kita menjadi menghamburkan uang. Karena kita membutuhkan uang untuk pergi ke warnet atau pun pulsa untuk online dari handphone. Apa bila menggunakan speedy kita juga harus tagihan per bulannya.
5
4. Pelecehan
Dalam facebook tidak jarang terjadi pelecehan. Karena facebook merupakan dunia maya yang belum jelas kebenarannya. Jadi seseorang tidak akan ragu untuk melakukan pelecehan karena kita sulit untuk mengetahui identitas yang sebenarnya dari si pengguna facebook tersebut.
5. Membuat Siswa Malas Belajar
Asyik dengan facebook akan menyita waktu siswa. Waktu untuk belajar pun sering di curi-curi untuk bermain dengan facebook.
6.Mengurangi Sosialisasi Antar Teman Di Lingkungan Sekitar
Dikarenakan terlalu sering bersosialisasi dengan menggunakan facebook mengakibatkan seorang remaja cenderung sulit untuk bersosialisasi dilingkungan sekitarnya.
7. Meninggalkan Kewajiban Agama
Akibat seseorang yang terlalu asyik menggunakan facebook sehingga melupakan kewajibannya sebagai umat beragama.
B. Kasus-Kasus Penyalahgunaan Facebook.
1. Kasus tentang menyebarnya situs-situs porno dalam penggunaan facebook.
Penyebaran situs-situs porno tersebut,biasanya digunakan hanya untuk kepentingan semata para pelakunya.Cara penyebaranya biasanya dengan mengirim suatu situs kedinding halaman status seseorang.
2. Kasus tentang pelecehan dalam penggunaan facebook.
Biasanya dalam penggunaan facebook,anak-anak remaja banyak melakukan pelecehan seksual maupun non seksual.Pengguna facebook tersebut melakukan tindakan pelecehan dengan cara mengirim dinding dengan bahasa-bahasa tidak senonoh.
3. Human trafficking (penjualan orang).
Seseorang akan lebih mudah dibujuk untuk bekerja dalam suatu bidang,namun padahal orang yang dibujuk tersebut belum tahu apa pekerjaan yang akan dikerjakaannya.Dan seseorang yang membujuk korban biasanya mengirimkan alamat perusahaan palsu melalui surat elektronik facebook mereka dan itu sangat mudah,karna sifat facebook yang personal dan tidak ada pengawasan dari pihak tertentu.
4. Banyaknya siswa dan siswi SMA NEGERI 2 CILACAP yang membolos sekolah hanya untuk main ke warnet dan bermain facebook atau game dalam aplikasi facebook.
C. Upaya Mengatasi Masalah Facebook.
Dengan sebagian kasus yang telah kami bahas diatas,upaya-upaya yang cocok untuk dilakukan dan seharusnya adalah :
1.Kesadaran diri seseorang untuk menanggapi penyebaran situs porno dan menghapusnya.
2. Pengawasaan dari pihak orangtua saat anaknya menggunakan facebook dan sebaiknya orangtua tersebut tahu akan teknologi serta menggunakan facebook untuk mengawasi anaknya.
3. Pengawasan dari pihak sekolah dengan melakukan razia di warnet tertentu dengan menghubungi salah satu narasumber.
6
BAB V
PENUTUP
A. Kesimpulan
Jadi facebook dibutuhkan dalam kehidupan masyarakat modern saat ini.Namun dalam penggunaan facebook diperlukan kebijaksanaan,agar dapat meminimalisir dampak – dampak negatif yang berasal dari facebook ,sebaiknya kita memanfaatkan waktu untuk melakukan kegiatan yang lebih berguna misalnya :belajar, mengaji ,ibadah , bergotong royong di tengah lingkungan masyarakat ,dan menghemat pengeluaran sehingga dapat digunakan untuk keperluan lainnya.
B. Saran
Untuk umum
Sebaiknya gunakan waktu sebaik mungkin untuk memperoleh masa depan yang lebih baik.Selain itu perbanyaklah bersosialisasi dengan masyarakat di sekitar kita.
7
DAFTAR PUSTAKA
http://www.wikipedia.com
http://www.google.com
Contoh karangan makalah siswa SMAN2 CILACAP Tahun Pelajaran 2008/2009
Narasumber,
Brilliant Ilma (Mahasiswa UNY),Subasita(Siswi SMAN2 Cilacap),orangtua murid dari puput terina wati(Siswi SMAN2 CILCAP)
8
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
jangan koment yang jorok jorok! oke gan!!!